Tips Sehat » Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan

Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan

 

Ibadah puasa wajib hanya dilakukan sekali dalam setahun, yaitu pada bulan Ramadhan saja selama kurang lebih 30 hari, sehingga amalan puasa ini jarang dilakukan karena jeda dari bulan Ramadhan ke bulan Ramadhan berikutnya cukup lama.

Nah bagi yang tidak terbiasa melakukan puasa, kemungkinan akan merasakan berat saat menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan. Oleh karena itu butuh persiapan fisik maupun mental sebelum datangnya bulan Ramadhan.

 

Tips Sehat Persiapan Sebelum Ramadhan

Berikut tips-tips persiapan sebelum Ramadhan yang bisa Anda jalankan terlebih dahulu.

  • Bayar hutang puasa tahun lalu.

Bagi Anda yang masih punya hutang puasa tahun lalu terutama kebanyakan adalah para wanita yang biasanya mengalami haid setiap bulannya, maka sebelum datang Ramadhan berikutnya untuk segera membayar hutang puasa terlebih dahulu sebanyak puasa wajib yang di tinggalkan.

Hal ini disamping kewajiban, juga akan berdampak pada mental seseorang, bahwa dirinya akan merasa tenang hutang puasanya sudah dibayar.

  • Melakukan puasa senin kamis.

Puasa sunnah senin kamis adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk bisa dilakukan.

Banyak hikmah yang akan didapatkan jika rutin melakukan amalan tersebut, disamping mendapatkan pahala, puasa senin kamis pun akan melatih fisik dan mental agar terbiasa saat menahan lapar, terutama lebih siap saat menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan selama 30 hari.

  • Makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Dengan menjalankan pola makan yang baik, maka tubuh Anda akan menjadi sehat. Salah satu pola makan yang dianjurkan ahli kesehatan dan agama adalah makan secukupnya sesuai kebutuhan.

Berlebihan makan, apalagi sering mengkonsumsi sembarang jajanan yang kurang manfaatnya, akan merugikan kesehatan Anda. Badan akan menjadi gemuk dan khawatir akan mudah terjangkit berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Dan yang paling utama, jika Anda bisa menahan untuk tidak makan berlebih, maka Anda pun akan siap saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan, karena Anda tidak akan tergoda saat melihat hidangan didepan mata.

  • Istirahat yang cukup.

Tubuh Anda harus seimbang. Makan, minum dan kegiatan fisik harus dilakukan agar tubuh Anda sehat, disamping itu Anda pun memerlukan istirahat yang cukup, agar badan selalu fit sepanjang hari.

Tidurlah di malam hari selama maksimal 8 jam, minimal 6 jam dan jika disiang hari Anda merasa lelah karena aktifitas yang menguras tenaga, maka Anda bisa istirahat atau tidur beberapa menit sampai 1 jam sebelum melakukan aktifitas kembali, Jika Anda bisa menjaga kesehatan sampai bulan Ramadhan datang, maka Anda pun lebih siap menjalankan puasa selama 30 hari.

  • Mengkonsumsi makanan sehat dan halal.

Makanlah makanan yang sehat agar badan Anda pun sehat. Anda bisa memilih menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam yang menyehatkan serta hindari makanan yang bisa menimbulkan penyakit seperti makanan yang banyak mengandung gula dan garam, gorengan, makanan awet kalengan, makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Kalaupun mau mengkonsumsinya, maka sesekali saja dan jangan terlalu sering dan yang terpenting makanan tersebut harus halal agar berkah. Anda pun bisa mengkonsumsi suplemen atau herbal yang mengandung bahan alami menyehatkan bagi tubuh, seperti habbatussauda, kurma/sarikurma, zaitun atau herbal alami lainnya.

Dan pastikan jika Anda memilih produk herbal, maka pilihlah produk yang berkualitas, aman bagi tubuh dan halal.

  • Hindari rokok.

Tidak ada manfaatnya Anda merokok, karena sudah jelas bahaya rokok menurut ahli kesehatan. Bagi yang sudah terlanjur dan kecanduan merokok, maka saatnya Anda untuk berhenti, apalagi jika bulan Ramadhan akan segera tiba, tentu Anda harus lebih siap sebelumnya. Bahkan menurut kebanyakan para ulama, merokok bisa membatalkan puasa.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan, sehingga Anda akan lebih siap pada saat menjalankan puasa wajib selama 30 hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *