Tips Sehat » Tips Sehat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan

Tips Sehat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan

Tips Sehat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan

Ramadan – Gambar oleh Daniel Dan outsideclick dari Pixabay

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam, karena banyak keutamaan yang bisa didapatkan selama Ramadhan, misalnya pahala berlipat ganda bagi siapa saja yang ikhlas beramal selama Ramadhan karena Allah SWT dan sesuai sunnah.

Di sana, ada satu malam yang keutamaannya seperti malam seribu bulan, di mana umat Islam yang ibadah pada malam itu akan menerima limpahan pahala dan rahmat Allah SWT, serta kebaikan hidup.

Malam itu adalah malam Lailatur Qadr. Jika kita tidak memanfaatkan sepenuhnya puasa dan hikmah di bulan Ramadhan, maka banyak keistimewaan Ramadhan yang tidak bisa kita raih.

Nah, bagi Anda yang ingin memaksimalkan ibadah selama Ramadhan guna memperoleh keutamaan, maka perlu mempersiapkan lahir batin serta memperkaya jiwa dengan penuh keimanan.


Persiapan Bulan Ramadhan

Persiapan Bulan Ramadhan

Setelah masuk Ramadhan, Anda bisa melakukan beberapa tips, diantaranya tips puasa sehat selama Ramadhan, tips puasa agar tidak lemas dan bisa kuat puasa seharian.

Sehingga bisa menjalankan ibadah secara maksimal selama Ramadhan tahun ini dan semoga kita bisa mendapat keutamaan yang dijanjikan Allah SWT.

Anda juga akan mendapatkan beberapa tips tentang berdiet saat puasa yang dapat mengurangi kelebihan berat badan yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Tentu saja Anda harus memperhatikan niat puasa Anda harus diluruskan yaitu hanya karena Allah SWT, melaksanakan perintah dan berharap memperoleh rahmat-Nya.

Tips dan manfaat yang akan kami bagikan kali ini hanyalah sebagian dari hikmah puasa di bulan Ramadhan.

Dalam hal ini, kami tidak akan menjelaskan tips persiapan secara detail dari sisi spiritual, karena website ini bukanlah tempat dan bidangnya untuk membahasnya, dan kalaupun ada akan kami sebutkan sedikit.

Aspek spiritual juga penting, namun agar lebih lengkap bisa dicari sumber-sumber terpercaya lainnya.


Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Kali ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar badan Anda tetap sehat dan terus kuat menjalankan puasa Ramadhan selama kurang lebih 30 hari tanpa bocor. Berikut tips-tipsnya :

 

Waktu Sahur

  • Akhiri makan sahur sebelum adzan tiba.

Satu hingga seperempat jam sebelum adzan, makanlah sahur. Selain waktu yang ditentukan oleh sunnah Nabi, makan sahur di akhir waktu juga sangat baik untuk kesiapan berpuasa.

  • Makan secukupnya dan tidak berlebih.

Saat sahur, Anda bisa mengonsumsi makan porsi normal, makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, buah-buahan dan sayur-sayuran, serta makanan yang banyak mengandung air, termasuk minum air yang cukup untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa di siang hari.

  • Minum suplemen atau herbal.

Setelah makan sahur, Anda juga bisa minum susu, suplemen, dan herbal yang kaya multivitamin. Namun, harap hindari makan makanan atau minuman yang terlalu manis, karena akan menyebabkan tubuh Anda menjadi lemas di siang hari.

Jika Anda suka kopi, pilihlah produk kopi sehat yang tidak mengandung kafein, karena kafein menguras air di dalam tubuh.

 

Selama Berpuasa

  • Mengurangi aktifitas berat disiang hari.

Saat berpuasa, berusahalah mengurangi aktivitas yang biasanya dilakukan di luar bulan Ramadhan, terutama aktivitas fisik yang menguras tenaga, agar tubuh tidak cepat lelah dan dapat berpuasa hingga berbuka.

Biasanya di tempat kerja khusus di bulan Ramadhan, jam kerja kantor atau pabrik akan berkurang 1-2 jam, dan jika Anda seorang pengusaha bisa mengaturnya sendiri sesuai situasi dan kondisi.

Nah, waktu yang tepat untuk istirahat saat puasa adalah saat waktu dzuhur, sebelum atau sesudah sholat dzuhur, biasanya waktu tersebut adalah istirahat kerja.

  • Melakukan kegiatan di sore hari.

Waktu berbuka akan segera tiba, dan keadaan tubuh mulai kehilangan kekuatan.

Namun untuk mengalihkan rasa lapar dan haus, Anda bisa melakukan hal-hal kecil sembari menunggu adzan maghrib, seperti membaca Alquran, menonton ceramah di TV, mengikuti pengajian atau kegiatan positif lainnya.

Sore ini Anda bisa melakukan latihan fisik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti bersepeda dan jalan kaki.

 

Waktu Berbuka

  • Berbuka sesuai sunnah.

Jika kita mengikuti sunnah Nabi saat berbuka puasa, selain mendapat pahala, ternyata kita bisa memetik banyak hikmah dan manfaat darinya. Saat adzan mulai berkumandang, segeralah berbuka dan makanlah makanan manis seperti kurma kering, minuman jus atau minum air putih.

Kemudian, Anda bisa mengonsumsi makanan lain secukupnya sebelum menyantap menu utama. Lebih baik menyantap menu utama seperti nasi, sayur mayur dan lauk pauk setelah shalat Maghrib, atau jika bisa bertahan bisa menyantapnya setelah shalat tarawih.

Tujuannya agar perut tidak terlalu kenyang dan menimbulkan rasa kantuk saat beribadah. Makan sekedarnya, minum manis atau air putih sudah cukup membuat tubuh Anda segar sampai Anda menyelesaikan shalat tarawih.

  • Makanan yang seimbang dan menyehatkan.

Untuk menu buka puasa, Anda bisa menyediakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, serta sayur dan buah. Hindari makan gorengan berlebihan dan kurangi makanan pedas yang bisa menyebabkan mulas yang bisa mengganggu ibadah malam Anda.

 

Baca Juga : Menu Ramadhan Produk HNI HPAI

 

Tips Diet Saat Berpuasa

Tips Diet Saat Berpuasa

Padahal, diet tidak harus dalam bulan puasa. Dengan komitmen yang kuat, Anda bisa diet kapan saja.

Namun karena Ramadhan merupakan waktu wajib berpuasa, makan dan minum tidak diperbolehkan di siang hari, sehingga banyak orang yang melakukan diet di bulan ini.

Saat ingin diet sambil berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Luruskan niat.

Dalam menjalani diet di bulan puasa, Anda harus terlebih dahulu meluruskan niat Anda agar pahala puasa tidak hilang.

Tentunya sebagai seorang muslim wajib mengetahui bahwa niat puasa adalah karena perintah Allah SWT, dan apapun alasannya kalian wajib berpuasa dan mengharapkan rahmat-Nya.

  • Memperhatikan asupan makanan.

Bagi yang sedang diet, kurangi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, kandungan ini justru akan meningkatkan penumpukan lemak.

Memang benar karbohidrat dibutuhkan saat berpuasa, terutama saat sahur, untuk membantu melawan rasa lapar saat berpuasa, namun bagi mereka yang makan terlalu banyak karbohidrat, diet Anda akan gagal.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk minum air putih yang cukup untuk tubuh Anda, sekitar 2 liter per hari.

  • Makan yang cukup dan tidak berlebihan.

Saat berbuka, waktunya untuk memulihkan kondisi fisik menjadi segar dan kuat kembali, namun bukan berarti sudah saatnya balas dendam, makan apapun yang Anda suka, apalagi sedang berdiet.

Di awal berbuka puasa, Anda bisa makan yang manis-manis, seperti kurma atau minum air putih.  Hidangan utama Anda bisa makan dengan porsi yang cukup, dan Anda juga bisa menghindari makan makanan tinggi gula yang akan membuat berat badan bertambah.

  • Olahraga.

Puasa artinya bukan berarti tidak olahraga, malah olahraga bagi yang diet, membuat berat badan  akan cepat turun, dan badan akan menjadi sehat dan segar.


Demikianlah tips-tips puasa di bulan Ramadhan dan tips diet saat Ramadhan. Semoga melalui beberapa tips di atas, Anda dapat melaksanakan puasa tahun ini dengan lebih baik, dan yang terpenting puasa Anda berpahala dan diterima Allah SWT.

 

Sumber Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *