Ramuan Tradisional » Tanaman Buah Pepaya Beragam Manfaat Untuk Obat

Tanaman Buah Pepaya Beragam Manfaat Untuk Obat

Papaya – Gambar oleh Gulzer Hossain dari Pixabay

Anda pastinya sering mengkonsumsi buah pepaya/ kates, warna merah pada buah ini menjadi daya tarik yang menandakan buah pepaya ini sangat enak dimakan dan manis rasanya.

Ternyata disamping buah pepaya ini enak dimakan, seluruh bagian-bagian dari tanaman ini sangat baik untuk kesehatan bila dikonsumsi, baik akar, daun, maupun buahnya mengandung khasiat obat yang cukup ampuh.


Manfaat Tanaman Buah Pepaya

Di antaranya manfaatnya adalah sebagai berikut:

Ubanan sebelum waktunya

30 biji pepaya yang telah kering digongseng lalu ditumbuk halus dan ditambahkan 1 sendok minyak kelapa, aduk samai rata. Dipakai untuk menggosok kulit kepala yang beruban.

 

Kena racun singkong/ ketela pohon

1 telapak tangan buah pepaya muda dicuci bersih lalu diparut, tambahkan ½ cangkir air matang dan garam sebesar biji randu, diperas lalu disaring, minum 1 kali sehari.

 

Demam

Biji pepaya ditumbuk halus ditambahkan cuka secukupnya, dipakai untuk membalur badan yang panas.

 

Malaria

½ gelas air minum daun pepaya muda yang masih segar dicuci bersih lalu ditumbuk halus, tambahkan ¾ cangkir air masak dan garam sebesar biji randu, diperas dan disaring, minum sekali habis sehari tiga kali, tiap minum buat ramuan baru.

 

Jerawat

Getah pepaya muda disuapkan pada jerawat, tapi jangan sampai terkena mata, jika terkana mata cepatlah dicuci dengan air gula.

 

Cacing kremi

Bahan

  • 2 jari akar pepaya.
  • 3 butir bawang putih.
  • 2 jari gula aren/ jawa.

Semua bahan dipotong-potong seperlunya lalu digosok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 ½ gelas, setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari ¾ gelas.

 

Luka bakar

Getah pepaya diusapkan ke tempat luka bakar, akan menghilangkan sakit dan mencegah timbulnya lepuh-lepuh.


Demikian manfaat yang cukup banyak dari buah pepaya dan bagian lain dari tanaman ini. Jika Anda memiliki pohon pepaya di dekat rumah Anda, maka Anda sangat beruntung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *