Herbalismart > Resep Herba HNI > Obat Kista Resep Herbal Produk HNI HPAI

Obat Kista Resep Herbal Produk HNI HPAI

Obat Kista Resep Herbal HNI HPAI – Kista ovarium adalah kantung atau kantong berisi cairan di ovarium atau di permukaannya. Wanita memiliki dua ovarium – masing-masing seukuran dan bentuk almond – di setiap sisi rahim. Telur (ovum), yang berkembang dan matang di ovarium, dilepaskan dalam siklus bulanan selama tahun-tahun persalinan.

Banyak wanita memiliki kista ovarium pada suatu waktu. Sebagian besar kista ovarium sedikit atau tidak menunjukkan rasa tidak nyaman dan tidak berbahaya. Mayoritas menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista ovarium – terutama yang telah pecah – dapat menyebabkan gejala serius. Untuk melindungi kesehatan Anda, lakukan pemeriksaan panggul secara teratur dan ketahui gejalanya yang dapat menandakan masalah yang berpotensi serius.


Gejala Kista

Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala dan hilang dengan sendirinya. Namun, kista ovarium yang besar dapat menyebabkan:

  • Nyeri panggul – nyeri tumpul atau tajam di perut bagian bawah di samping kista
  • Kepenuhan atau beban di perut Anda
  • Kembung

Penyebab Kista

Kebanyakan kista indung telur berkembang sebagai hasil dari siklus menstruasi Anda (kista fungsional). Jenis-jenis kista lainnya jauh lebih jarang.

 

Kista fungsional

Ovarium Anda biasanya menumbuhkan struktur seperti kista yang disebut folikel setiap bulan. Folikel menghasilkan hormon estrogen dan progesteron dan melepaskan sel telur saat Anda berovulasi.

Jika folikel bulanan normal terus tumbuh, itu dikenal sebagai kista fungsional. Ada dua jenis kista fungsional:

  • Kista folikel. Di sekitar titik tengah siklus menstruasi Anda, sebutir telur keluar dari folikelnya dan bergerak ke tuba fallopi. Kista folikel dimulai ketika folikel tidak pecah atau melepaskan telurnya, tetapi terus tumbuh.
  • Kista Corpus luteum. Ketika folikel melepaskan sel telurnya, ia mulai memproduksi estrogen dan progesteron untuk pembuahan. Folikel ini sekarang disebut corpus luteum. Terkadang, cairan menumpuk di dalam folikel, menyebabkan korpus luteum tumbuh menjadi kista.
    Kista fungsional biasanya tidak berbahaya, jarang menyebabkan rasa sakit, dan sering menghilang dengan sendirinya dalam dua atau tiga siklus menstruasi.

 

Kista lainnya

Jenis-jenis kista yang tidak terkait dengan fungsi normal siklus menstruasi Anda meliputi:

  • Kista dermoid. Juga disebut teratoma, ini dapat mengandung jaringan, seperti rambut, kulit atau gigi, karena mereka terbentuk dari sel-sel embrionik. Mereka jarang bersifat kanker.
    Sistadenoma. Ini berkembang di permukaan ovarium dan mungkin diisi dengan bahan berair atau lendir.
  • Endometrioma. Ini berkembang sebagai akibat dari suatu kondisi di mana sel-sel endometrium rahim tumbuh di luar rahim Anda (endometriosis). Beberapa jaringan dapat menempel pada ovarium Anda dan membentuk pertumbuhan.

Kista dan cystadenoma dermoid dapat menjadi besar, menyebabkan ovarium bergerak keluar dari posisinya. Ini meningkatkan kemungkinan memutar menyakitkan ovarium Anda, yang disebut torsi ovarium. Torsi ovarium juga dapat menyebabkan penurunan atau penghentian aliran darah ke ovarium.


Faktor risiko

Risiko Anda terkena kista ovarium meningkat dengan:

  • Masalah hormonal. Ini termasuk mengambil obat kesuburan clomiphene (Clomid), yang digunakan untuk menyebabkan Anda berovulasi.
  • Kehamilan. Terkadang, kista yang terbentuk ketika Anda berovulasi tetap berada di ovarium selama kehamilan Anda.
  • Endometriosis. Kondisi ini menyebabkan sel-sel endometrium uterus tumbuh di luar rahim Anda. Beberapa jaringan dapat menempel pada ovarium Anda dan membentuk pertumbuhan.
  • Infeksi panggul yang parah. Jika infeksi menyebar ke ovarium, itu dapat menyebabkan kista.
  • Kista ovarium sebelumnya. Jika Anda sudah memilikinya, Anda cenderung untuk mengembangkan lebih banyak.

Komplikasi

Beberapa wanita mengembangkan jenis kista yang kurang umum yang ditemukan dokter selama pemeriksaan panggul. Massa ovarium kistik yang berkembang setelah menopause mungkin bersifat kanker (ganas). Itu sebabnya penting untuk melakukan pemeriksaan panggul secara teratur.

Komplikasi yang jarang terjadi terkait dengan kista ovarium diantaranya:

  • Torsi ovarium. Kista yang membesar dapat menyebabkan ovarium bergerak, meningkatkan kemungkinan memutar menyakitkan ovarium Anda (torsi ovarium). Gejalanya dapat berupa timbulnya nyeri panggul yang parah, mual dan muntah. Torsi ovarium juga dapat mengurangi atau menghentikan aliran darah ke ovarium.
  • Pecah. Kista yang pecah dapat menyebabkan nyeri hebat dan pendarahan internal. Semakin besar kista, semakin besar risiko pecah. Aktivitas kuat yang memengaruhi panggul, seperti hubungan intim vagina, juga meningkatkan risiko.

Pencegahan

Meskipun tidak ada cara untuk mencegah kista ovarium, pemeriksaan panggul teratur membantu memastikan bahwa perubahan dalam ovarium Anda didiagnosis sedini mungkin. Waspadai perubahan dalam siklus bulanan Anda, termasuk gejala menstruasi yang tidak biasa, terutama yang bertahan selama lebih dari beberapa siklus. Bicaralah dengan dokter Anda tentang perubahan yang menyangkut Anda.

– Referensi : https://www.mayoclinic.org/

 

Baca Juga : Testimoni Mustika Dara Mengobati Kista


Obat Kista Resep Herbal HNI HPAI :

Resep obat kista :

- Mustika Dara : 2 x 2 pil

- Gamat Kapsul : 3 x 3 kapsul

- Harumi : 3 x 2 kapsul

- Carnocap : 3 x 2 kapsul

- Madu S Jaga : 3 x 3 sdm (atau madu HNI yang lain)

- Minyak Zaitun : 2 x 1 sdm

Sumber Resep : Aplikasi Resep Herba HNI HPAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *