Mengenal Bayam Merah, Manfaat dan Kandungan

Iresine Bloodleaf Plant, Source: publicdomainpictures.net

Bayam merah mungkin tidak sepopuler bayam hijau. Jika ditanam di daerah tropis, sayur merah ini bisa tumbuh subur. Rasa bayam merah sedikit manis, tidak jauh berbeda dengan bayam hijau.

Bayam merah sulit didapat. Agar lebih mudah mendapatkan bayam merah, anda bisa mencoba menanamnya. Anda bisa menanam bayam merah di rumah menggunakan hidroponik.

Cara hidroponik ini tidak sulit karena tidak membutuhkan tanah. Umumnya bayam merah yang ditanam dengan menggunakan hidroponik baru bisa dipanen setelah 20 hari.

Bagi yang tertarik mencoba bayam merah ada baiknya mengetahui apa saja manfaatnya. Bayam merah memiliki khasiat yang besar untuk bayi sampai dewasa.


Nama Daerah

Bayam merah; Bayem bang

Nama Latin: Iresine herbstii Hook


Deskripsi Tanaman Bayam Merah

Tanaman herba tegak tinggi 80-120 cm, daun berbentuk jantung terbalik, pada tiap ruas terdapat 2 daun berhadap-hadapan (oposita), ada daun hijau berurat, kemerahan, lebar 5-7 kali, panjang 3-4 cm dan bertangkai , bunganya kecil-kecil, mahkota seperti selaput, membentuk cabang di ketiak daun dan di pucuk batang. Buah elips kecil dengan satu biji.


Bagian Tanaman Yang Dijasikan Obat

Daun


Kandungan Kimiawi

Ferulytyramine; Ferrum


Khasiat/ Manfaat Bayam Merah

Antipiretik; Diuretik; Sudorifik;


Resep Obat/ Cara Pengolahan

Kurang darah:

Bayam merah secukupnya, Dimasak sebagai sayur; jangan pemanasan terlalu lama, dimakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *